Selasa, 23 Oktober 2012

Circus is Coming to Town

Karena bosan dengan hiburan di Kota Pekanbaru yang itu-itu saja, pada malam minggu ketiga Oktober 2012, saya bersama teman-teman pun iseng menonton sirkus yang diselenggarakan oleh Oriental Circus Indonesia. Hiburan ini ada di Pekanbaru hanya sampai tanggal 6 November 2012 saja. Ini juga kali pertama bagi saya untuk nonton sirkus setelah lulus SMA. Tenda sirkus ini terletak di Jalan Tuanku Tambusai Ujung, tepatnya di Lapangan Sampoerna Pekanbaru. Kami menonton show yang dimulai pukul 19.30 WIB dengan harga tiket sebesar Rp75.000,00 untuk tribun utama.

Karena Oriental Circus Indonesia merupakan sirkusnya Taman Safari Indonesia, maka selama menunggu pertunjukan dimulai diputarlah iklan tentang Taman Safari Indonesia di background sirkus tersebut. Pertunjukan dibuka dengan dua orang MC membuka acara dan keluarlah para performer menunjukkan kebolehannya masing-masing. Ada yang juggling, atraksi di atas sepeda roda satu, akrobat, dan lain-lain.

Para performer menunjukkan kebolehannya

Pertunjukkan pertama yaitu wanita asal Rusia yang merupakan bintang tamu yang didatangkan dari Moscow Circus. Dia mempertunjukan kebolehannya bermain dengan rangka kubus yang terbuat dari logam. Ada dua buah kubus yang dijadikan atraksi, salah satunya tergantung di langit-langit tenda. Penampilan selanjutnya yaitu bird show, pertunjukan kebolehan burung-burung kakatua jambul kuning yang terlatih. Kakatua tersebut antara lain bisa menaiki sepeda, memasukkan bola ke dalam keranjang, berhitung, dan lain-lain. Di sela-sela pertunjukan juga terdapat pertunjukan interaktif bersama badut-badut yang melibatkan penonton. Penonton yang mendapat kesempatan tampil ke depan pun mendapatkan tiket gratis.

Bird Show

Setelah itu tampillah bintang tamu lain asal Moscow Circus, kali ini seorang lelaki dengan rambut gondrong dan badan yang besar yang beratraksi dengan roda logam berukuran besar. Dilanjutkan dengan atraksi binatang terlatih lainnya, yaitu simpanse. Seharusnya simpanse tersebut tampil dengan atraksi mengayuh sepeda dan mengendarai sepeda motor, tetapi sayangnya simpanse tersebut tidak mau lepas dari gendongan pawangnya. Penampilan selanjutnya yaitu dua pasang lelaki dan wanita menari balet yang dibumbui dengan atraksi bergelantungan.

Balet berpasangan

Penampilan berikutnya yaitu bintang tamu asal Rusia lagi. Kali ini beratraksi dengan hula hoop yang banyak dan slinky yang besar. Dilanjutkan dengan penampilan lima ekor harimau benggala dan seekor singa afrika beserta pawangnya. Selanjutnya yaitu performa dari empat ekor gajah asia yang dapat melakukan gerakan-gerakan antara lain berdiri dengan dua kaki dan berjoget mengikuti irama musik.

Atraksi gajah

Penampilan terakhir yaitu aksi trapeze dari beberapa orang performer yang ditutup dengan aksi terjun bebas dari ketinggian 15 m.

4 komentar: